Senin, 25 April 2011

Fitur Antar Muka Telematika

1.1 Latar Belakang
Kemajuan teknologi saat ini bisa dikatakan tanpa batas dikarenakan tidak lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan. Teknologi dibutuhkan untuk membantu kelancaran hidup manusia dalam berbagai bidang. Salah satu bidang tersebut adalah komputer dan teknologi informasi.
Komputer pada awalanya dibuat untuk mengkalkulasi atau menghitung sesuatu, namun zaman dan ilmu pengetahuan membawa komputer saat ini menjadi komputer yang bukan hanya bisa menghitung tetapi sudah bisa memutar video, memainkan game, mengontrol peralatan dan masih banyak lagi. Salah satu perkembangan komputer yang menarik adalah komputer dewasa ini mampu melakukan pemrosesan pararel.
Penerapan teknologi diberbagai bidang dalam dunia kerja saat ini semakin luas, hal tersebut membuat peluang kerja untuk tenaga profesional di bidang Teknologi Informasi khususnya bidang komputer menjadi besar. Saat ini banyak perusahaan, instansi pemerintah,dunia usaha, dan pendidikan memerlukan tenaga-tenaga profesional IT dengan alasan mengikuti era globalisasi. Hal tersebut membuktikan bahwa tenaga profesional IT masih relatif sedikit dikarenakan ketersediaan tenaga IT yang dihasilkan baik dari perguruan tinggi maupun lembaga profesional masihlah sedikit. Hal tersebut sangat ironis dimana kebutuhan tenaga IT sebanding dengan Penganguran.
Demikian juga pada layanan telematika dalam perkembangannya antamuka ( interface) yang salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.






BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Fitur Antar Muka Telematika
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
1. Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
2. Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse.
Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device). Pengguna komputer yang awam seringkali menilai sebuah sistem operasi dari GUI-nya. Sebuah sistem operasi dianggap bagus jika tampilan luarnya (GUI-nya) bagus. Padahal, seperti telah dijelaskan sebelumnya, komponen sistem operasi tidak hanya GUI, sehingga penilaian terhadap sebuah sistem operasi tidak bisa hanya dari satu komponen saja. Karena GUI adalah kesan pertama pengguna dengan sistem operasi itu, setiap pengembang sistem operasi berlomba-lomba mengembangkan GUI-nya dengan keunggulannya masing-masing.
Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fitur itu antara lain:
1. Head Up Display System
Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.
2. Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.
3. Computer Vision
Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.
4. Browsing Audio Data
5. Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
6. Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.



2.1.1 Definisi
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
user interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.
2.1.2 Fitur Untuk User
Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat untuk user ;
1. User Profile
User profile adalah halaman profile yang anda peroleh jika anda telah terdaftar di web ini, di halaman ini, anda bisa memasukkan biodata anda, supaya pengunjung atau user lain bisa mengenal anda lebih dekat. setiap user yang terdaftar memiliki url profile tersendiri ( http://cencalok.com/users/nama_user_anda)
2. Blogs
Setelah anda mendaftar kan diri di web ini, otomatis anda akan bisa mengirimkan tulisan atau artikel yang akan dipublikasikan di halaman depan atau di halaman "blogs" setiap user juga mempunya url blog nya masing-masing (http://cencalok.com/blogs/nama_user_anda)
3. Salam
Salam adalah fitur yang memungkinkan anda menyampaikan pesan singkat yang ditampilkan dihalaman depan dan bisa dikomentari oleh user lain, form salam terdapat dihalaman depan , ditampilkan hanya jika anda login terlebih dahulu, salam yang anda buat juga ditampilkan di halaman profile anda
4. Chat
Chat adalah fitur yang memungkin kan anda untuk berinteraksi secara real time kepada user atau pengunjung lainnya, untuk menggunakan fitur ini, anda tidak perlu login terlebih dahulu, tetapi jika anda login, username anda secara otomatis dijadikan id di fitur chat tersebut
5. Private Message
Fitur ini memungkinkan anda agar bisa berinteraksi dengan user lain secara pribadi, cara termudah mengirimkan pesan ialah dengan mengklik tombol icon surat di halaman profile yang ingin anda kirimi
6. Aktifitas
Aktifitas adalah catatan seluruh aktifitas anda dan seluruh user yang bergabung dikomunitas ini, dengan fitur ini, kita bisa mengetahui update terbaru apa saja yang baru dilakukan teman teman pengguna lainnya
7. Blogroll
Blogroll adalah fitur untuk mempromosikan blog atau web yang anda miliki
8. Pertemanan (under construction)
9. Facebook Connect (under construction)












BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
user interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar